Skill Wajib para Wedding Photographer

Beberapa hari yang lalu seorang teman mengajak chating setelah sekian lama gak pernah kliatan online, setelah berbasa basi masuklah kami pada pembicaraan seputar perkembangan dunia wedding fotografi.
Pada intinya  “semakin lama para pemain / vendor jasa wedding fotografi semakin ngawor dalam memberikan penawaran harga.”

Tidak bisa dipungkiri dengan berkembangnya era digital maka semakin memudahkan semua orang untuk terjun ke dalam dunia fotografi khususnya wedding fotografi / fotografi pernikahan.
Jika di jaman film 35mm untuk menjadi seorang fotografer haruslah memiliki kemampuan serta bakat  yang mumpuni karena jika kita memotret menggunakan kamera film maka “kamera dan tuhan yang tau hasilnya ^_^
dengan resiko yang sangat besar maka sedikit sekali yang mau menekuni bisnis ini.

Jika kita lihat di jaman sekarang setiap orang yang memegang / menggunakan kamera DSLR pasti dianggap sebagai Fotografer meskipun dari segi hasil belum tentu bisa disebut fotografer.

Kesalahkapraan inilah dianggap sebagai berkah bagi mereka yang masih belajar fotografi untuk menerima suatu pekerjaan fotografi yang nota bene mereka belum tentu menguasai benar tentang dasar fotografi
Hal ini bisa dibuktikan di beberapa forum fotografi yang masih menanyakan tentang “kalau mau foto wedding atau prewedding itu pake setingan apa?, bukaan berapa?, speed berapa?, pake flash yang gimana? dan bla bla bla”
Jika dasar fotografi masih belum nglontok mbokya ngenger (ngekor :D) dulu kepada senior yang sudah berkecimpung didalamnya dengan ikut ketika mereka bekerja.
Sekedar menegaskan bahwa “momen itu hanya terjadi sekali dan tidak bisa terulang lho ya, so jangan maen-maen”

 

Berikut 5 Skill yang harus dimiliki oleh seorang Wedding Photographer

MENGUASAI DASAR FOTOGRAFI
Pastinya klien sangat percaya dengan kemampuan kita soal fotografi, gak mungkin dong mereka memasrahkan / mempercayakan momen berharga mereka kepada fotografer abal-abal (hahai abal2 kayak onderdil aja sob :P)
gak tau lagi kalau klien kita kepepet dari pada gak ada yang foto ^_^

MUMPUNI DALAM POST PROCESSING
Skill berikutnya yang harus dimiliki seorang wedding Photographer adalah kemampuan dalam post processing atau olah digital.
Hal ini sebetulnya tidak mutlak akan tetapi dengan sentuhan editing maka foto kita akan terlihat lebih menarik, dengan begitu pastinya klien akan puas dan  meraka akan merekondasikan jasa kita baik itu kepada keluarga maupun kepada temannya (hal ini sudah aku buktikan lho, aku pernah dapat 3 kerjaan di1 keluarga :D).

PEKA TERHADAP MOMEN
Jika kita sudah memiliki kepekaan terhadap moment meskipun kita belum pernah mengerjakan kita akan cepat menyesuaikan diri dan berfikir cepat  mana yang perlu diambil dan bagian mana yang terbaik angelnya.

MANAJEMEN
Manajemen ini bisa berupa manajemen file, manajemen waktu, dan manajemen sumber daya.

DISIPLIN
Kedisiplinan terutama dalam waktu ( datang ke even dan penyerahan output).

MARKETING
Sehebat-hebatnya kita dalam memotret, jago dalam editing dll akan tetapi kita tidak menguasai marketing maka jangan terlalu berharap jasa kita akan digunakan oleh orang lain.

 

Demikian Bincang bebas kali ini membahas tentang skill yang harus dimiliki seorang wedding photographer semoga bermanfaat

 

Luki Hermanto

Incoming search terms:

skil seorang photographer, skill apa yang dimiliki photographer#spf=1


Luki Hermanto adalah seorang full time photographer dan Blogger ikuti kicauannya di @lebah96

Advertisement


No comments.

Leave a Reply