7 Alasan Menggunakan LightRoom

Bagi teman-teman yang belum dan akan  menggunakan LightRoom
Berikut 7 alasanku menggunakan Adobe LightRoom

 

1. Memudahkan dalam manajemen file
Dengan menggunakan sistem katalog kita bisa lebih mudah dalam mengorganisir file foto kita (baca juga membuat catalog di lightroom)
serta fungsi filter (flag, color, dan rate) sangat membantu untuk memilah mana foto yang harus diprioritaskan.

 

2. Mudah dalam penggunannya
Ketika di module Develop semua setingan editing berada di sebelah kanan dari foto sehingga kita dengan mudah untuk mengotak atik foto kita.

 

3. Sangat Powerfull
Semua yang dibutuhkan fotografer untuk mengedit foto sebagian besar telah ada di setingan lightroom (misal : exposure, detail, color corection, brush, dll) apalagi untuk fitur sync seting dan previous (fitur untuk mengcopy setingan dari foto yang telah kita edit sebelumnya untuk kita terapkan di file dengan kondisi cahaya yang sama so tinggal klik sync seting untuk di library atau Previous untuk di module Develop).

 

4. Bisa Digunakan untuk Presentasi
Untuk presentasi biasanya aku gunakan module SlideShow.
Dengan menambahkan lagu (sayangnya hanya sebuah lagu so aku gunakan musik instrumen biar gak terlalu kliatan kalau di ulang-ulang ^_^), aku tambahkan watermark, opening dan ending so jadi lebih menarik.
oh iya lupa untuk presentasi biasanya aku buatkan katalog sendiri n importnya aku ambil dari import from catalog.

 

5. Tampilan menarik
Dengan peletakan setingan editing di sebelah kanan membuat lightroom terlihat sangat menarik untuk digunakan Serta semua tool yang ada di sekitar gambar bisa di hidden sehingga jika kita ingin foto kita tampil gede tinggal klik tanda panah dan tool di sekitar gambar akan masuk kedalam.

 

6. Resize, Watermarking, Rename lebih cepat
Fitur ini yang paling aku sukai ketika kita akan mengupload foto atau menyerahkan foto kita ke klien dengan di perkecil ukurannya serta diberi watermark (copyright) so tinggal kita atur saja di kotak export atau File > export.

 

7. Menghilangkan meta data (Exif) serta menambahi exif secara masal
Seleksi semua foto yang mau di edit metadata (exif)nya lalu pilih kotak metadata di module library lalu tambahkan nama kita didalamnya beres deh ^_^ jd gak prelu satu persatu untuk mengedit exifnya.
biasanya yang aku tambahin adalah deskripsi coz ketika kita upload di facebook deskripsi kita akan langsung tertulis di foto.

 

Demikian 7 alasan aku menggunakan Adobe LightRoom
smoga bermanfaat

 

Luki Hermanto


Luki Hermanto adalah seorang full time photographer dan Blogger ikuti kicauannya di @lebah96

Advertisement


No comments.

Leave a Reply